Facebook Dapat Tantangan Berat dari Google

Google akan memasukkan fungsi foto dan berbagi video di dalam aplikasi gmail, sejalan dengan pembaruan yang dilakukan dengan perangkat terbaru tersebut.

Google akan mengadakan konferensi pers di markasnya Mountain View Calif (09/02) untuk menunjukkan fitur terbaru tersebut.

Google masih menjadi situs nomor wahid yang dikunjungi di web dengan jumlah 173 juta pengunjung Amerika Serikat pada bulan Desember menurut perhitungan yang dilakukan oleh ComScore Media Metrix. Angka ini meningkat 16% daripada bulan Desember 2008. Tetapi Facebook masih mengejar di belakangnya.

Facebook adalah situs nomor empat yang paling banyak dikunjungi pada bulan Desember 2009, dengan jumlah 111,8 juta pengunjung dengan peningkatan 105% dari periode sebelumnya.

Masuk akal jika Google akan merasakan panas dari Facebook. Banyak eksekutif pendiri Google yang saat ini juga telah bekerja di Facebook termasuk Kepala Operasi Sheryl Sandberg yang membantu Google membangun program Adwords bayar-per-klik yang menguntungkan. Facebook juga memiliki program serupa saat ini.

“Jika Google dapat memberikan hal yang lebih banyak di dalam gmail, mereka dapat menjual lebih banyak iklan karena semakin banyak waktu yang dihabiskan di sana,” ujar Danny Sulliva, Editor blog Search Engine Land.

Facebook mengundang pengguna untuk berbagi foto, video dan pembaharuan status dalam halaman personalisasi mereka. Para pengiklan mampu mencapai konsumen dengan iklan berdasarkan target usia, gender, lokasi dan hal yang lain.

“Pada awalnya, Google salah paham terhadap sosial media dan signifikansinya,” ujar Greg Sterling, seorang analis di Sterling Market Intelligence.

“Mereka mendapatkan paham baru saat ini, dan telah mencoba untuk menambahkan fungsi sosial media lebih banyak. Sosial adalah bagaimana web telah berevolusi.”

Sterling mengatakan membawa alat sosial media ke Gmail tidak masuk akan. “Gmail adalah sebuah produk yang sudah sangat bagus. Saya tidak yakin penambahan alat atau fungsi tertentu akan bisa membuatnya lebih besar,” ujar Sterling.

Google baru-baru ini menambahkan fitur pencarian media sosial yang secara khusus mampu menunjukkan hasil kehidupan sosial pengguna internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: