Prestashop CMS Shop Online

Prestashop adalah salah satu solusi jualan online yang cukup populer di Indonesia. Hal ini karena fitur-fitur PrestaShop yang cukup lengkap, mudah dipahami, sederhana, gampang, siap pakai, bisa di-instal dengan mudah dalam web hosting, dan tentu saja gratis. Posting ini akan mengetengahkan PrestaShop sebagai salah satu solusi jualan online atau web eCommerce yang murah namun memadai bagi kalangan pedagang kebanyakan. Posting ini akan memaparkan kemudahan-kemudahan PrestaShop bagi pelanggan, pemilik toko online, dan juga bagi admin toko online. 

PrestaShop menyediakan solusi perangkat lunak bagi sebuah toko online. Ibarat sebuah mobil, perangkat lunak ini adalah mesin-nya mobil tersebut. Selain perangkat lunak, sebuah toko online memerlukan komponen lain berupa nama domain dan web hosting. Solusi gratis yang ditawarkan oleh PrestaShop hanya dalam hal penggunaan perangkat lunak, tidak termasuk sewa domain dan web hosting. Namun untuk skala kecil dan menengah, sewa domain dan hosting saat ini sudah tergolong cukup murah.

Kemudahan PrestaShop bagi Pelanggan

Dalam menilai sebuah situs toko online, yang paling penting pagi pelanggan adalah kemudahan dalam berbelanja secara online. Kemudahan ini adalah faktor utama (selain keamanan) yang membuat orang mau berbelanja secara online. Apalagi bagi masyarakat Indonesia yang belanja online-nya belum membudaya, faktor kemudahan ini tidak boleh diabaikan. Kemudahan ini harus disediakan oleh toko online dalam beberapa hal yaitu:

  • mudahnya sebuah produk ditemukan
  • mudahnya memperoleh informasi detil sebuah produk
  • mudahnya menyelesaikan belanja
  • mudahnya melakukan transaksi

PrestaShop memenuhi semua faktor kemudahan tersebut, dari mulai ‘friendly link’, navigasi situs yang beraneka ragam, halaman detil produk, sampai kemudahan proses checkout.

PrestaShop memiliki fitur ‘friendly link’. Dengan fitur ini, URL atau alamat internet dari sebuah produk bisa dibuat secara eksplisit mencantumkan nama dan kategori produk tersebut, sehingga lebih mudah diingat oleh calon pelanggan karena tersimpan dengan nama yang jelas dalam history browser.

Kemudahan PrestaShop bagi Admin Toko Online

Bagi toko online kecil sampai menengah, admin toko online biasanya adalah orang sama dengan pemilik toko online. Namun tugas-tugas admin toko biasanya lebih bersifat teknis dibandingkan rutin dan strategis. Tugas-tugas admin toko online ini misalnya memasang fitur keamanan tambahan (SSL), menentukan tema atau tampilan toko online, memonitor lebar pita jaringan yang dipakai toko online, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan infrastruktur toko online, bukan jualan-nya.

Dalam PrestaShop, fungsi-fungsi admin ini disatukan dengan fungsi-fungsi pemilik toko melalui menu administrasi yang sama. Dengan demikian pemilik toko online bisa berperan sekaligus sebagai admin toko online. Walaupun demikian, pemilik toko online bisa mendelegasikan tugas-tugas rutin seperti update katalog kepada karyawan, sehingga karyawan bisa menggunakan fitur administrasi PrestaShop untuk melakukan tugas-tugas tersebut dengan login-nya sendiri.

Faktor Keamanan

Dalam berbelanja online, yang paling ditakutkan oleh pelanggan adalah faktor keamanan. Terutama menyangkut penggunaan kartu kredit. Hal ini karena sudah cukup banyak kasus penyalahgunaan kartu kredit yang dipakai untuk berbelanja secara online. Pencurian nomor kartu kredit oleh orang yang tidak bertanggung jawab adalah hal yang sering terjadi dalam dunia belanja online.

Sebagai panduan bagi pelanggan, jangan lah sekali-kali memasukkan informasi kartu kredit pada proses checkout pada sebuah toko online yang tidak dilengkapi dengan keamanan tambahan berupa SSL. Ciri-ciri penggunaan SSL akan tampak pada alamat web yang diawali dengan https://, bukan http:// (perbedaan ada di huruf s). Walaupun dilengkapi SSL tetapi kredibilitas pemilik toko online diragukan, sebaiknya hindari juga pemberian informasi kartu kredit.

Bagi pemilik toko online, menyediakan fitur keamanan SSL memerlukan biaya tambahan. Selain itu diperlukan juga langkah dan prosedur verifikasi kartu kredit yang tidak mudah. Sebagai jalan keluar, kita bisa menggunakan layanan checkout yang disediakan oleh pemain-pemain besar dunia yang memang terpercaya dalam bidangnya. Misalnya Paypal dan Google Checkout. Dengan menggunakan layanan mereka, hal-hal yang berhubungan dengan verifikasi maupun penyalahgunaan kartu akan ditangani mereka. Sediakan juga alternatif pembayaran non kartu kredit berupa transfer bank atau pembayaran di tempat.

Biaya Menjalankan Toko Online PrestaShop

PrestaShop bisa digunakan dengan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, kita tetap memerlukan biaya operasional berupa sewa domain dan web hosting. Domain adalah nama atau merek kita di internet. Sedangkan web hosting ibarat kita menyewa sebuah kavling untuk jualan di internet. PrestaShop tidak memerlukan konfigurasi hosting yang kompleks sehingga dengan biaya yang relatif murah kita sudah bisa menggelar jualan online di internet.

Tabel berikut menyajikan perkiraan biaya minimal yang diperlukan untuk menjalankan sebuah toko online dengan PrestaShop:

Komponen Biaya per bulan Biaya per tahun
Sewa hosting Rp 5.000 Rp 60.000
Sewa domain Rp 100.000
Total Rp 160.000

Kesimpulan

Dengan PrestaShop kita bisa ber-jualan online dengan biaya yang cukup murah, dan administrasi yang mudah. PrestaShop menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pelanggan dalam berbelanja, memudahkan pemilik toko online dalam menjalankan operasional toko, dan memudahkan admin dalam mengkonfigurasi toko online. Untuk meningkatkan keamanan bagi para pelanggan online, kita bisa melengkapi toko online dengan fitur keamanan SSL, atau menggunakan layanan checkout yang disediakan oleh penyedia jasa checkout dunia yang sudah terpercaya.

untuk mendownload cms Prestashop klik Link Di bawah :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: