Berkenalan Dengan SMS Gateway

Seperti yang pernah kita lihat di iklan-iklan di TV yang intinya mengajak kita untuk mengirim sms dengan pesan ketik “REG ………” Jika ngak pernah artinya ngak pernah lihat TV berarti (hehe, lagi mati lampu mungkin). Itu adalah salah satu contoh dari aplikasi sms gateway.

Contohnya salah satu artis di indonesia ( initial CL) dengan kata-kata ketik “REG spasi NAMA ARTIS”. Apakah tuh artis membalasnya atu-atu (bisa pegel kalau ada 1000 sms ). Yang membales sms kita sejatinya adalah program yang dirancang sedemikian rupa, kemudian dikirimkan ke HP kita secara otomatis. Coba perhatikan format penulisan sms, kenapa kok harus di awali dengan REG kemudia harus di beri spasi kemudian NAMA ARTIS, coba deh ngirimnya ngak ngikutin format pasti deh ngak bisa diproses. Karena format sms tersebut digunakan agar program yang telah diseting sebelumnya bisa memproses sms kita kemudian merepon dan membalasnya secara otomatis.

Namun apakah aplikasi SMS gateway ini hanya dipakai oleh peramal, pesulap, artis ataupun penyedia konten-konten HP? Tentu saja tidak, aplikasi SMS gateway juga dimanfaatkan dalam pemerintahan (poling misalnya), pendidikan (mengetahui nilai, absen, peminjaman buku), Bank (sms banking), pengisian pulsa dan masih banyak lagi. Hal ini disebabkan karena sinyal dari perangkat mobile sudah mencapai desa-desa. Bayangkan internet yang masih terbatas di kota-kota maupun kecamatan-kecamatan.
Mengingat begitu luasnya aplikasi dari SMS gateway ini, penulis berusaha membahas tentang SMS gateway ini. Diharapkan pembaca dapat mempraktikkan langsung tentang SMS gateway ini.
Berikut diagram dari SMS gateway

sms gateway

Cara kerjanya pun cukup simpel, ketika user mengirimkan sms dengan format tertentu (semisal NILAI spasi NIS) kemudian dikirimkan maka sms tersebut akan dikirimkan melewati jaringan operator HP yang kita gunakan dan kemudian meneruskannya ke no HP tujuan (tentu saja no HP yang menyediakan layanan SMS gateway). Selanjutnya akan diproses oleh komputer yang didalamnya telah terseting program untuk melayani sms tersebut.

Jika format sms yang dterima valid, semisal sms yang diterima adalah “NILAI 102” maka selanjutnya program akan mengecek ke database tentang nilai dari NIS 102, setelah adanya kecocokan maka kemudian program SMS gateway ini akan mengirimkan sms secara otomatis ke no HP yang telah mengirimkan sms tersebut, semisal Nilai Try Out Budi. SAINS 50, BIG 60, MTK 70. Ataupun dengan kalimat sms yang lain (tergantung setingan program dari SMS Gateway).

Satu Tanggapan

  1. Bagus blognya sob.
    Postingannya juga bermanfaat.
    Terus berkarya ya, berbagi itu Indah🙂

    Ditunggu kunjungan baliknya ya sob, jangan lupa tinggalin jejak di postingan saya ya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: